Just another free Blogger theme

Waktu Bagian Indramayu

Minggu, 29 September 2024

Apa Itu Inkuiri Apresiatif?

Inkuiri Apresiatif adalah cara spesial untuk membuat perubahan yang baik. Ini adalah cara kita bekerja sama untuk membuat segala sesuatu menjadi lebih baik. Pendekatan ini berfokus pada hal-hal baik dan kekuatan yang dimiliki oleh sekolah dan semua orang di dalamnya.

Inkuiri Apresiatif diciptakan oleh seseorang yang hebat bernama David Cooperrider. Beliau menggunakan pikiran positif dan cara berpikir positif untuk menciptakan Inkuiri Apresiatif ini. Kita semua bisa belajar banyak hal baik darinya.

Inkuiri Apresiatif (IA) adalah paradigma penting dalam mencapai visi sekolah impian dan menggerakkan perubahan. Seperti seorang pelari yang memerlukan peralatan, IA adalah alat olahraga intelektual kita. Ini adalah pendekatan kolaboratif yang mendorong kekuatan individu dan organisasi.


Langkah-Langkah dalam Inkuiri Apresiatif

Ada beberapa langkah yang kita lakukan dalam Inkuiri Apresiatif untuk membuat perubahan yang baik, Langkah tersebut dinamakan BAGJA. Bagja dalam bahasa Sunda artinya bahagia. 

Tahapan "Bagja" dalam Inkuiri Apresiatif adalah serangkaian langkah penting yang digunakan untuk menciptakan perubahan positif dalam lingkungan, termasuk di sekolah. 


Bagja Satu: Buat Pertanyaan
Pada tahap ini, kita memulai dengan membuat pertanyaan tentang hal-hal positif dan kekuatan yang ada dalam lingkungan kita, terutama di sekolah. Tujuannya adalah untuk memahami aspek-aspek yang sudah baik dan kuat dalam lingkungan tersebut. Pertanyaannya bisa seperti, "Apa yang membuat kita bahagia di sekolah?" Pertanyaan ini membantu kita fokus pada elemen-elemen positif di sekolah.



Bagja Dua: Ambil Pelajaran
Setelah kita membuat pertanyaan dan menggali informasi positif, langkah berikutnya adalah belajar dari hal-hal baik yang telah kita temukan. Ini adalah saat kita mencoba memahami pelajaran yang dapat kita ambil dari kebaikan tersebut. Kita berpikir tentang pelajaran dan inspirasi yang dapat kita peroleh dari situasi tersebut.



Bagja Tiga: Jabarkan Rencana
Tahap ini melibatkan perencanaan untuk menciptakan perubahan positif berdasarkan temuan dan pelajaran yang diperoleh dari tahapan sebelumnya. Rencana ini mencakup langkah-langkah konkret yang akan kita ambil untuk meningkatkan lingkungan atau situasi yang ada. Kita memikirkan tindakan-tindakan yang dapat kita lakukan untuk membuat segala sesuatu menjadi lebih baik.



Bagja Empat: Gali Mimpi

Jadi, dalam tahapan "Bagja," yang termasuk "Gali Mimpi," kita memulai dengan membuat pertanyaan, memahami pelajaran dari hal-hal positif, merencanakan perubahan, dan akhirnya, melaksanakan rencana tersebut. Tahapan ini membantu kita mengarahkan perubahan dengan fokus pada kekuatan dan nilai-nilai positif yang ada dalam lingkungan kita, termasuk di sekolah.
Peran Guru dalam Inkuiri Apresiatif



Bagja Lima: Melaksanakan Rencana
Langkah terakhir adalah melaksanakan rencana-rencana yang telah kita buat. Di sini, kita bekerja keras untuk menjalankan rencana-rencana tersebut agar perubahan yang kita harapkan dapat menjadi kenyataan. Ini melibatkan usaha konkret dan kerja sama untuk mewujudkan visi perubahan yang telah dirancang.





Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 komentar:

Posting Komentar